Thursday, November 16, 2006

Review Chelly

Dari http://purple-sally3.blogspot.com/

Siapa Bilang Kawin Itu Enak?

Judul : SIAPA BILANG KAWIN ITU ENAK?
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Pengarang : Tria Barmawi
Halaman : 168

Menarik, lucu, dan dikemas dalam bentuk yang sederhana tapi apik (bagus). Buku ini bisa dijadikan referensi dan hiburan bagi pasangan muda yang akan atau pun sudah menikah. Covernya yang simpel (sederhana) yang menggambarkan dua pasangan muda yang akan menikah, tetap terlihat menarik, semenarik judulnya.

Cerita-ceritanya ringan, penuh cinta di mana-mana, tidak dibuat-buat, bahkan seperti cerita kehidupan yang sebenarnya sering dialami oleh pasangan yang akan atau sedang menikah. Inti dari kumpulan cerpen ini juga sangat ‘mengena’. Intinya, walaupun saat menikah nanti akan selalu ada berbagai masalah di dalamnya, tapi kita juga bisa meyakini bahwa itu semua dapat dilalui dengan adanya kejujuran, komunikasi yang baik, saling mengerti, dan kembali pada perasaan cinta pada pasangan. Kita dapat mengambil sisi baik serta positif dari cerpen-cerpen yang ada.
Membaca cerita-cerita pendek dalam buku ini dapat membuat kita tertawa atau tersenyum-senyum sendiri, karena beberapa cerita yang memang kocak. Penulis cukup piawai untuk mengungkapkan isi cerita sehingga terasa mengalir apa adanya. Cerpen-cerpen ini memang selalu berdasar pada cinta sehingga selalu berakhir pula dengan rasa bahagia.

Sebagai saran, mungkin nanti kalau dibuat lanjutan ‘Siapa Bilang Kawin itu Enak? bagian kedua’ , bisa lebih dieksplorasi lagi isi cerita yang lebih serius, seperti banyak pasangan muda yang baru menikah sesaat lalu cerai atau ada juga yang begitu mudahnya mengucapkan kata cerai padahal baru menikah, tapi dikemas dalam bentuk yang sederhana seperti sekarang. Sehingga dengan masalah yang lebih luas, pembaca dapat belajar, lebih memahami, serta benar-benar menjaga perkawinan yang sudah ada. Selain itu juga bisa diselipkan tips-tips singkat (yang juga sederhana tapi mengena) untuk pasangan muda agar hubungan tetap awet sampai nantinya (hanya sekedar saran, sih).
Secara keseluruhan sih, buku ini baguuuuus (karena memang apa adanya banget), apalagi untuk saya yang belum menikah, membuat saya jadi ber ‘ooo’ baca buku ini (karena jadi tahu).
Temanya juga unik, beda dari yang biasanya.

Cerpen-cerpen favorit : Siapa Bilang Kawin itu Enak?, Di Kamar Tidur, dan Laki-Perempuan, yang Penting Mirip.
Cerpen-cerpen lainnya juga nggak kalah menarik untuk disimak. Rasanya kalau sudah beli, jadi ingin cepat-cepat baca sampai selesai. Bagi para pecinta cerpen, nggak rugi dan nggak bakal nyesel deh beli buku ini (apalagi temanya tentang menikah, yuuk).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home